I Love... Astronomy




Pengamatan Gerhana Matahari Sebagian, Rabu, 9 Maret 2016 lalu, mengembalikan kembali semangat Astronomi hampir di seluruh dunia. termasuk di Indonesia, khususnya Aceh semangat memperhatikan fenomena langka ini juga ikut menggeliat. termasuk Pusat Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN ZCK Langsa, yang dipandu oleh Fika Andriana, S.HI dan saya sendiri Nur Anshari, S.HI.

acara ini diselenggarakan atas dasar ingin mencari tahu bagaimana penampakan gerhana matahari sebagian yang bisa dilihat dari kota Langsa. maka, kami merencanakan acara ini jauh-jauh hari. mulai dari memesan kacamata matahari, memilih lokasi strategis, meminta izin ke warga, dan mengundang khalayak ramai untuk menyaksikan gerhana matahari sebagian sekaligus shalat sunnah kusuf berjamaah.

Alhamdulillah acaranya mendapat respon yang baik dari kampus IAIN ZCK Langsa. semangat mahasiswa juga sangat baik menyambut kejadian yang jarang ditemui. Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Penyayang memudahkan langkah-langkah kecil kami. tidak lebih dari persiapan hanya seminggu, saya dan rekan saya yang menyiapkan segala keperluan. 

H-2 saya dan adik saya melaksanakan gladi kotor untuk mengetahui lokasi strategis di mana penampakan matahari terbit yang bagus. karena matahari terbit itu berada di ufuk timur, maka SD Al-Kausar lokasi yang tepat untuk pengamatan Gerhana Matahari Sebagian.

di hari H tepatnya tanggal 9 Maret 2016 hari Rabu, pukul 6.30 WIB kami sudah berkumpul di depan SD Al-Kausar. alhamdulillah matahari belum terlalu tinggi. jadi kami masih bisa mempersiapkan segala sesuatunya. sepuluh menit kemudian, atas izin Allah swt Gerhana Matahari Sebagian dimulai. mahasiswa dan mahasiswi yang menjadi peserta yaitu Jurusan/ Prodi Muamalah, Ahwal Asy-Syakhsiyah, KPI, TBA, dll.


Adapun puncak gerhana terjadi pada pukul 7.20 WIB, selama gerhana kami melaksanakan shalat kusuf berjamaah yang diimami oleh Ust. Abdul Manaf, M.Ag sekaligus menjadi khatib. alhamdulillah acara berjalan lancar. segenap peserta bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dengan menggunakan kacamata matahari. 

ada kejadian ganjil juga, tiba-tiba ada anak kecil datang ke lokasi dan ingin melihat penampakan gerhana matahari sebagian namanya Ayyas. Setelah shalat sunnah Kusuf Ayyas langsung menuju SD Al-Kausar tempat kami pengamatan gerhana matahari sebagian. kata gurunya, bu Dessy Asnita, S.HI, "Ayyas kepingin kali lihat gerhana di SD Al-Kausar katanya." Alhamdulillah Ayyas yang saat itu tercatat sebagai murid SD Al-Marhamah Langsa yang ditemani orang tuanya bisa melihat langsung Gerhana Matahari Sebagian dengan kacamata matahari. ia amat senang. 

I Love Atronomy. Thank You Allah for Give me a Present so speciall.




Allah swt telah berfirman dalam surat Al-Qiyamah ayat 9 yang artinya : "lalu matahari dan bulan dikumpulkan,"







Komentar