YES! SEMUA INGIN HAFAL AL-QUR’AN




Oleh: Nur Anshari

.  Firman Allah SWT, Q.S. Az-Zukhruf ayat 2-4 Artinya: Demi Kitab (Al Quran) yang menerangkan (2),  Sesungguhnya kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya), (3), Dan Sesungguhnya Al Quran itu dalam Induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi kami, adalah benar-benar Tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah. (4)

Saat aku mulai hijrah, satu hal yang ingin aku lakukan. Berubah. Aku ingin berubah menjadi lebih baik. Ingin selalu caper dengan-Nya. Mencari perhatian-Nya. Menunggu setiap perjumpaan dengannya. Selalu siap siaga bila hati ini rapuh, ingin selalu menyandarkan pada-Nya.

Lalu, aku mulai memegangnya. Hafalan itu. Aku ingin membangkitkannya lagi. Menjadi tak hanya sebuah kenangan. Tapi sebuah proses. Aku mengenal seorang teman. Tak perlu ku sebut siapa dia. Bahkan, untuk dikatakan seorang teman, dia bukanlah teman. Tapi lebih dari itu. Dialah guru.

Aku sempat malu-malu. Memulai sesuatu memang tidak mudah. Lebih-lebih memulai tugas yang tak banyak orang mau melakukannya. Menghafal Al-Quran. Aku bekerja di sebuah instansi yang banyak teman-teman mungkin tahu. Aku memulainya dengan mendengarkan murattal Al-Quran. Menghidupkan mp3nya di layar laptopku. Tapi, itulah dia, keberanian yang mungkin secara spontan saja aku lakukan.

Bila saja, semua mengira aku orang yang rajin. Sebenarnya tidak. Aku seperti arah yang membutuhkan kompas untuk menuju kiblat. Menuju tujuan yang sejatinya ingin ku capai. Aku tak menyangka bekerja dengan belajar, sungguh berbeda sekali. Saat dulu kuliah, tugasku hanya belajar saja. Belajar. Belajar. Dan berdoa. Tapi begitulah aku begitu senang menjalaninya.


Kembali ke cerita awal, aku mulai menghidupkan suasana Al-Quran dalam keseharianku. Jujur. Adem. Jujur. Enak. Jujur. Aku jatuh cinta. Hehe. Sampai-sampai aku ingin selalu bisa bersama dan membawanya. Alhamdulillah. Akhirnya hehe, budaya bersama Al-Quran bisa menular untuk yang lainnya. Dan akhirnya sekarang, ada empat computer di ruanganku, kami bergantian menghidupkan murattal Al-Quran. Suasananya seperti di Arab. Alhamdulillah. Setidaknya impian yang belum tercapai itu bisa segera terwujud beberapa tahun kedepan. Kun Faya Kun. InsyaAllah.


Firman Allah SWT

Artinya: Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah[1066] supaya kami perkuat hatimu dengannya dan kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).

Komentar