Surat Cinta Untuk Kakak



Oleh Nur Anshari

Untuk kakakku, Ema.
Surat cinta ini kupersembahkan untukmu. Melihatmu aku sudah paham. Cukup bahagiamu saja aku pun bahagia. Tak banyak yang bisa kuberikan, sudah hampir empat tahun lamanya kau menjagaku. Aku yang semula tak tahu bagaimana kerasnya hidup merantau, tapi kau yang memapahku.

Aku juga tak banyak bisa menolong kesusahanmu, yang mampu aku lakukan hanya menghiburmu. Kadang kala dengan hiburan yang hambar kau pun tertawa melihat tingkahku. Namun, masalahmu tak juga selesai. Kau hanya bisa diam dan berdoa, dalam bisikan heningan malam kau bangun bersujud pada sang Maha Pencipta. 

Saat aku tidur pulas, kadang kala kau bangun melihatku tidur dengan nyenyak, dan kau pun tidur kembali. Saat aku sakit, dengan rasa panik yang ditutupi kau lelah menjagaku. Lagi-lagi aku buat ulah. Membuatmu pusing dengan berbagai masalah hidupku. Tapi, kau tak pernah mengeluh.

Aku tak banyak bisa membantu dalam problematika hidupmu. Dan kau pun bertemu dengan belahan jiwamu. Rasa bahagia itu semakin terlihat dari raut wajahmu. Aku pun ikut bahagia. Sudah empat tahun pula kita berada dalam satu selimut, namun tak pernah air mata itu menetes dari kedua kelopak matamu. Tak pernah pula kulihat amukan amarah yang menyirami saat aku melakukan  kesalahan. 

Sampai-sampai kau begitu lelah membantuku, tak banyak pula yang mampu kubantu. Untuk kakak yang senantiasa ada saat aku butuhkan, aku ingin kau bahagia. Aku ingin kau bisa menikmati hasil kerja kerasmu tanpa harus memikirkanku. Aku baik-baik saja. Aku bahagia saat kau bahagia. Aku gembira saat kau gembira. Aku frustasi saat kau bersedih.maafkan aku.

Dihari ini, kucurahkan isi hati padamu. Dimana hari inilah, kau ditakdirkan Allah untuk dilahirkan dan menjadi insan yang tertancap dengan baik dihatiku. Tertanam baik di hati orang-orang yang menyayangimu dan kau pun menyayangi mereka. Untuk kakakku yang begitu tegar menghadapi arus hiruk pikuk perjalanan hidup. Aku sangat menyayangimu, walaupn tak mampu ku ukir kata-kata cinta seperti pujangga-pujangga di luar sana. Tapi, surat ini sudah cukup mewakili kata-kata cinta dariku.

Aku hanya bisa menuliskan ini. Lagu terindah yang kupersembahkan untukmu dengan suara yang rada-rada fals

Inggris
Happy birthday to you…
Happy birthday to you…
Happy birthday to you…
Happy birthday Happy birthday
Happy birthday to you…

Korea
saengil chukha hamnida saengil chukha hamnida
saranghaneun  kak ema saengil chukha hamnida

Indonesia
Selamat ulang tahun
Selamat ulang tahun
Selamat ulang tahun kak ema Selamat ulang tahun

Ungkapan isi hati udah, lagu ulang tahun udah, tinggal doanya nih. Untuk kakakku yang sedang berulang tahun, yang bisa adek berikan hanya doa untuk kakak ya. Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan petunjuk dalam segala sendi kehidupan kakak. Semoga kakak semakin taat pada Allah swt, Rasul saw, sahabat. 

Dengan bertambahnya umur kakak semoga bisa menambah pula kedewasaan, rasa cinta dan bakti pada kedua orang tua kita, serta bertambah rezeki, dapat meraih cita-cita dan impian. Doa sukses untuk mu kakak. Semoga di hari bahagiamu, tulisan sederhana dari adikmu bisa menjadi pengganti keluarga yang jauh di Langsa. Kami semua mengharapkanmu hidup bahagia, baik di dunia dan di akhirat. Kelak, insyaAllah semoga keluarga kita bisa berkumpul lagi di Jannah-Nya. Ya Allah, kabulkanlah segala permintaan hamba. Aamiin.

Surat cinta untuk kakak Emawati 2 Juni 2014, met hari lahir kakak.




Komentar