Masalah dan Perjuangan yang Pasti akan Bertepi


Oleh Zira Hanif

Tugas kuliah gak kelar-kelar, skripsi ditolak terus, apalagi karir? Boro-boro punya karir bagus, kerjaan aja gak punya ditambah kuliah yang gak kunjung kelar. Wah runyamnya hidup. 

Astaghfirullah…itu hanyalah keluhan yang tak bertepi. Di dunia ini semua harus kita hadapi. Masalah tentu saja ada. kita menyelesaikan masalah itu satu persatu. Buat kamu-kamu yang berada di tingkat akhir kuliah, so don’t worry. Ada Zira di sini yang siap tulis ber-page-page di blog untuk menyelesaikan masalah kamu. Niatnya sih pengen nerbitin buku, tapi do’ain aja ya… 

Oke guys, buat aku sih masalah itu fitrah. Toh, sejak kita lahir kita aja udah ada masalah. Baru aja kita lihat dunia saat ibu melahirkan kita, bidan udah was-was tuh. Nih bayi, nangis gak lo? Kalau gak bakal bu bidan cubit ne. hehehe kerjaan bu bidan tuh, kalau-kalau ada bayi yang lahir gak nangis. Nah, tuh aja jadi masalah. 

Masalah itu buat aku  tentu aja bakal setiap harinya ada. Saat ditimpa masalah berdasarkan penelitianku, banyak orang stress, galau, hancur, bahkan bunuh diri. Na’uzubillah. Padahal Allah menjanjikan sesudah ada kesulitan pasti ada kemudahan. Dicatet ya. Dihafal kalau perlu. 

Tapi, buat  aku sih dalam menyikapi masalah yang muncul dalam kehidupan, aku tuh serius mikirin masalah itu. Semalam suntuk cariin solusi untuk menyelesaikannya. Gak nemu solusi ya, aku cari lagi. Mank solusi itu ngumpet kemana sih? Paling-paling ngumpet dibalik bantal. Pas kita pegang bantalnya, nepuk-nepuk dikit, langsung deh nina bobo. Emang gue pikirin? heheh itu kan hanya liustrasi jangan kita terlalu memikirkan masalah. Hidup ya hidup. masalah ya masalah. Itu dua hal yang harus sama-sama kita jalani. 

Jangan gara-gara ada masalah kita melupakan tujuan kita hidup. yaitu… pasti sudah tahu semua kan? Gak payah bu Zira jelasin lagi. Kayak anak kecil aja nanti dibilang. Huh, bu Zira sok-sok tahu (memang tahu). Hehehe.

Oya, gak terlalu berlama-lama, langsung saja kita masuki session mencari solusi. Step pertama identifikasi dulu apa yang salah dari diri kita. Intropeksi diri. Karena bisa jadi, shalat kita masih bolong-bolong (ya ampun, hari gini?), atau ngajinya setahun sekali, atau lebih gawat lagi puasa ramadan absen tiap tahun (OMG!). nah, kita harus berhubungan baik dulu dengan sang Maha Baik, Allah SWT, supaya dalam menjalani kehidupan kita bisa tahan banting (tidak dibanting beneran ya) saat masalah datang menerjang (wah macam badai dunk) kita bisa melewatinya dengan baik

semoga bermanfaat. Zira Hanif memberi salam.

Komentar