Saat Aku Jadi Nenek Nanti,...

Sedih, duka, kecewa, semua bercampur jadi satu saat keinginan tidak terwujud. saat mimpi hanya menjadi mimpi. saat cita-cita hanya berupa goresan di kertas. mungkin di saat itu banyak orang yang merasa putus asa. mengapa ini terjadi padaku?

Sebenarnya,  bener gak sih mimpi kita gak terwujud gara-gara kita gagal ujian, misalnya mau tes kerja, trus ada testingnya, kemudian kita mengikutinya, tau-taunya gak lulus. lantas yang gak lulus itu disebut gagal? contoh lagi, saat kita sedang menjawab pertanyaan interview, kemudian tim pewawancara bertanya dengan bertubi-tubi hingga kita lelah menjawabnya, lanjutnya kita gak lulus. lantas itu juga yang disebut gagal? tidak. sekali lagi tidak. bukan gagal namanya, tetapi sukses yang tertunda.

Kenapa pula disebut sukses yang tertunda? dimana-mana tuh sukses itu gak gagal. jadi, kita kan udah gagal masak mau disamain dengan sukses? eitss...jangan su'uzon dulu donk!menurut saya, dan berdasarkan pengalaman saya yang bertubi-tubi dihuni kegagalan, itu bukanlah sebuah barometer untuk kita menyerah.

Tapi, itu merupakan obor penyemangat untuk kita lanjutka misi berikutnya. saya pernah belajar arti kegagalan lewat beberapa kompetisi. lantas saya tidak merasa frustasi, setiap kali saya berusaha dengan sungguh-sungguh dan berharap hanya kepada yang Maha Menentukan, Allah swt, alhamdulillah mimpi saya terwujud.

Mungkin, tulisan ini belum begitu tajam setajam silet. belum begitu cerah, secerah matahari bersinar. belum dahsyat seperti topan. tapi satu yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman. berusahalah mewujudkan  mimpi-mimpimu. kalau pun kalian pernah gagal jangan putus asa. don't give up. move on guys.bangkit dan kejarlah mimpi itu. walau impossible sekalipun.

Lagi-lagi sukses yang tertunda. ia, benar coy! karena tidak ada di dunia ini sukses yang instan. semua butuh perjuangan dan proses. karena saya sendiri mengalami kegagalan itu berkali-kali, tak terhitung. tapi itu hanyalah kenangan yang akan indah nantinya ketika saya sukses. dan harus sukses. tanamkan benih kesuksesan dengan baik. siram dengan ilmu. pupuk dengan kebaikan dan kerja keras. dan hiasi dengan do'a.

kelak, kegagalan yang kita alami tidak akan menyita kelenjar bening di mata kita. takkan menghabiskan wakgtu kita yang berharga dengan semboyan menyerah dan putus asa. tidak akan terbeban di benak kita ingin meninggalkan mimpi yang sudah mekar di hati kita. tidak akan sekalipun. karena saya sudah merasakan dan mencobanya.

Saat saya jadi nenek nanti, saya akan kembali mengutak -atik album kenangan masa muda silam. saya akan tersenyum dan menceritakan ini kelak kepada anak-cucu bahwa seperti inilah nenek masa muda dulu. cantik, hehe (muji diri sendiri), energic, pantang menyerah walau gagal berkali-kali, dan terus berusaha. jangan sampai menyesal saat di usia senja.

Tulisan ini sebenarnya teruntuk teman saya seangkatan kuliah yang tengah berjuang menemukan judul. maaf ya teman-teman, saya cuma bisa menulis motivasi ini untuk kalian, supaya kita bisa wisuda bareng 2014 nanti. tetap perjuangkan judul skripsi teman-teman. karena ditolak berkali-kali itu bukanlah kegagalan, tapi sukses yang tertunda. 

Nenek sari keren kan? ini versi kalau sari udah jadi nenek-nenek ya. insyaAllah. tapi, jangan sebut-sebut kata "nenek" sekarang.  ntar saya marah. sukses milik kita yang mau berusaha. mudah-mudahan, Amiin Ya Rabbi...

"Kesuksesan menunggu waktu yang tepat untuk hadir di kehidupan anda, sampai anda mengerti arti
dari perjuangan dan kerja keras serta kekuatan do'a kepada Allah SWT." (Nur Anshari)


Komentar

  1. Saya juga begitu... ajak teman-teman untuk juga bisa lulus sama-sama nanti...
    Dan juga, Kita harus memikirkan masa tua dari sekarang :)

    BalasHapus
  2. yups,,, masa depan ada ditangan kita. tentu bagi org yg mw brusaha merubah masa depannya.

    BalasHapus

Posting Komentar