Ma'rifatul Insan



oleh : Nur Anshari

Ma'rifat secara bahasa adalah berasal dari bahasa Arab 'arafa - ya'rifu.. yang artinya kenal atau mengenal. Sedangkan insan adalah manusia. Secara terminologi ma'rifatul insan adalah bagamana cara kita mengetahui dan mengenal apa yang menjadi karakteristik dan kebutuhan bagi manusia. Atau dengan kata lain kita bisa mengenal siapa diri kita melalui ma'fifatul insan. Saat kita ingin mengenal manusia kita harus melihat 3 aspek terpenting yaitu:

1) jasad
2) akal
3) ruh

mari saya jelaskan satu persatu, cekidot.

1)      Jasad
Adalah tubuh. Tubuh kita membutuhkan makan yang sehat dan halal. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat pula. Kenapa harus halal? Taukah teman-teman kalau kita makan makanan yang halal secara zatnya seperti roti namun,cara perolehannya dengan cara mencuri. Ini termasuk makanan yang haram dimakan, sebab cara perolehannya yang salah. Dilarang agama. Makanan yang diperoleh dengan cara haram seperti mencuri maka makanan yang halal pun bisa menjadi haram.

Bbila tetap juga dimakan makanan haram tersebut, maka makanan yang telah masuk ke dalam tubuh akan berefek terhadap qalbu (hati). Firman Allah surat Al-Baqarah ayat 172-173

172.  "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah."
173.  "Sesungguhnya Allah Hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah[108]." Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

[108]  Haram juga menurut ayat Ini daging yang berasal dari sembelihan yang menyebut nama Allah tetapi disebut pula nama selain Allah.

sobat... sudah jelaskan..Allah swt menyuruh kita untuk makan makanan yang halaalan thayyiba yakni makanan yang halal lagi baik.
lanjut..

2)      akal
Adalah fikiran yang butuh juga suplemen. Coba sobat tebak suplemen apa yang jitu untuk melahirkan otak cerdas? apakah harus makan daging sapi selalu? tidak sobat. Suplemen dasar bagi akal adalah 'ilmu. Ilmu yang kita cari dan dapat bisa melalui membaca, menulis, mendengar serta pengalaman pun bisa memberikan ibrah terhadap akal kita. Apa yang membedakan 'ilmu dengan pengetahuan? Ilmu adalah pelajaran yang kita peroleh dari membaca, menulis dan mendengar. Sedangkan pengetahuan adalah sesuatu yang kita tidak dapatkan dari melihat kejadian, merasakan sebuah pengalaman, dan mendengar jejak perjalanan hidup orang lain. Pengetahuan bisa kita peroleh dimana saja.

sobat...
menurut Tafsir Hukama' 'ilmu itu terdiri dari 3 huruf hijaiyah yaitu:

1.'ain artinya 'illiyyin adalah maqam tertinggi (maksud maqam adalah tempat/derajat)
2.lam artinya lathiif adalah halus, tenang atau pemurah
3.mim artinya Mulk adalah kerajaan

Ketiga huruf tersebut, berkaitan dengan pemilik ilmu tersebut, membawa pengaruh berikut : 'ain dapat menjunjung pemimpinnya ke tingkat derajat tertinggi, mulia. Lam dapat membina pemiliknya berwatak lemah lembut, tenang dan pemurah (dermawan). Dan mim dapat membina pemiliknya berjiwa pemimpin atau mungkin menjadi penguasa/raja. luar bisa !

Ayo sobat kerahkan minat dan semangat. runcingkan bambu jihad melalui pedang 'ilmu yang bermanfaat. Ada riwayat yang mengatakan ketika imam Syafi'i berada di rumah imam Hanbal. Dan imam Syafi'i tidur sedangkan imam Hanbali beribadah. Terus anaknya imam Hanbali bertanya pada ayahandanya.

"ayah, kenapa imam Syafi'i tidur sedangkan ayah kan ber'ibadah kepada Allah?'
lalu imam Hanbali menjawab. "duhai anakku, imam Syafi’i adalah sosok ulama yang 'alim( mengetahui) . tidurnya orang 'alim lebih utama daripada orang yang beramal tetapi ia dalam keadaan tidak ber'ilmu.”

bagaimana sobat? ayo berburu 'ilmu..
the next..guys...

i wanna tell you about prayer.

3)      Ruh.
Ruh adalah sesuatu yang melekat pada jasad dan apabila terlepas dari jasad maka jasad tersebut sudah tidak bernyawa. Kebutuhan ruh adalah 'ibadah. hablumminallah. Menjalin hubungan baik dengan Allah swt. Bagaimana caranya? sama juga seperti kita menjaga hubungan baik dengan teman atau orang yang kita suka. Otomatis kita melakukan hal-hal yang disukainya. supaya teman atau orang yang kita suka menyukai kita (khusus yang sudah menikah ya). Agar Pacar (suami/istri) menyayangi kita. Begitu pula hubungan baik kita dengan Allah. mari simak firman Allah swt dalam surat Al-Anfal ayat 27-28 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu Mengetahui.”
“Dan Ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.”

Hiasi ruh dengan taqwa. Taqwa adalah menjalankan perintah Allah swt dan meninggalkan larangan Nya. Apa aja perintah Allah? yang wajib adalah 5 rukun Islam. Kecuali haji bagi yang mampu. Tetapi jangan hanya segitu saja level kita mencari cinta Allah. ada 5 perkara lagi apabila kita mengerjakannya maka kita juga bisa memelihara 'ilmu yang telah kita dapat. Gimana caranya? mari kita lihat cuplikannya berikut ini:

1. Shalat sunnat malam, biarpun cuma sanggup 2 raka'at. it's no problem
2. Selalu punya wudhu/selalu suci dari hadas
3.Taqwa kepada Allah ditempat sepi atau ramai
4.Makan dengan tujuan taqwa, bukan melampiaskan nafsu (begitu pula ketika melakukan jima' "bagi suami istri")
5. Bersiwak/gosok gigi, lebih-lebih setelah bangun tidur, habis makan dan hendak shalat dan baca al-Qur'an.

Dan banyak amalan-amalan baik lainnya. Seperti tilawah al-Quran, bershalawat, mengerjakan segala sesuatu hanya karena Allah itu juga bernilai ibadah. Jika niatnya untuk Allah segalanya ibadah. Nah loh, udah niat untuk Allah belum?

Kesimpulannya, manusia itu punya tiga elemen yang harus senantiasa diperbarui. Elemen pertama tubuh perlu makan dan minum yang halal lagi baik. Elemen kedua, otak atau fikiran perlu suplemen ilmu agar tidak beku, dan fikiran semakin cerdas berdaya guna. Elemen ketiga ruh yang ada di tubuh perlu asupan ibadah dan penenang hati, mengingat selalu Rabb dan RasulnNya. Mengingat selalu asal dan kemana manusia harus pulang. Persiapkan sejak dini, karena ajal tak tahu kapan akan menjemput. Bisa saja, hari ini, atau besok.

So,, semoga bermanfa'at. Mungkin ada kata-kata dan salah yang tidak mengena, penulis mohon ma'af ya. oya berikut referensi bila ingin membaca apa-apa aja faedah2 lain: baca aja kitab terjemahan Duratun Nasihin karangan Abu H.F Ramadhan.


semoga bisa jadi calon penulis terkenal. aamiinn
Nur Anshari

Komentar